Pentingnya Ajaran Menabung Dari Kecil, Ternyata Terselip 6 Manfaat

Ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan sebagai persiapan keuangan di masa depan nantinya, salah satunya ialah tabungan dan deposito. Kedua bentuk investasi ini tentunya sudah banyak dikenal dimasyarakat dan keduanya merupakan jenis investasi yang sederhana. Tabungan adalah bentuk investasi paling dasar dan dapat dicairkan kapan saja, deposito juga sama, akan tetapi bunga pada deposito lebih tinggi dan proses pencairannya tidak semudah tabungan.

Pentingnya menabung

JAKARTA – Sejak kecil kita dibiasakan atau diajarkan untuk manabung oleh orang tua. Diyakini bahwa kegiatan ini memiliki manfaat luar biasa saat menjadi kebiasaan. Memang idealnya menabung berorientasi jangka panjang, namun pembelajaran pada anak sebaiknya bersifat jangka pendek.

Satu prinsip yang baik adalah bahwa jika itu bukan kebutuhan , dan itu tidak membuat lebih bahagia atau membantu, potonglah anggaran tersebut. Saat menghemat uang, kamu dapat menemukan cara untuk menghemat lebih banyak dan memotong pengeluaran. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat rencana tabungan otomatis. Setelah memutuskan untuk menyimpan sejumlah uang, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah di mana harus menyimpannya. Namun, hal tersebut seringkali lebih mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan. Porsinya beragam, tergantung besarnya pemasukan dan pengeluaran, namun umumnya minimal 10% per bulan dan besarannya minimal enam bulan dari pengeluaran bulanan.

“Tentu kalau ada kebutuhan dana yang disiapkan, bisa sisihkan dari sekarang sehingga bisa mencukupi kebutuhan. Jadi macam-macam fitur yang kami siapkan,” kata Handayani. Sebagai implementasi Perpres tersebut, Otoritas Jasa Keuangan menginisiasi “Bulan Inklusi Keuangan ” yang dilaksanakan secara Nasional oleh OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan dan Stakeholders lainnya. Lebih lanjut dikatakannya, bahwa pengabdian masyarakatnya di Desa Pattongko direspon baik oleh sejumlah warga, dibuktikan dengan adanya sinergitas yang ditunjukkan pemerintah setempat dan sejumlah tokoh masyarakat.

Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini – Anda sulit mengatur keuangan? Mungkin Anda dulu dibebaskan untuk mengelola uang sendiri, namun tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara menghemat uang. Selain itu, sarana menabung juga semakin beragam seperti sekarang. Dulu aktivitas menabung bisa dikatakan cenderung menumpuk uang di rumah seperti di bawah bantal atau celengan, alternatif lainnya dengan membuka rekening financial institution . Dulu, saat pertama kali menyandang standing sebagai karyawan baru, saya selalu diingatkan oleh ayah untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Misalnya untuk pengeluaran harian, investasi, dana pensiun, dan tabungan pendidikan anak. Dengan demikian, kamu akan lebih sadar dalam pengeluaranmu pada pos-pos tersebut. Kamu harus komitmen untuk tidak menggunakan uang yang ada di dana pensiun untuk kebutuhan lainnya. , sulit menabung dan tidak terlalu mempedulikan kebutuhan investasi hari depan.

Dengan begitu diharapkan anak semakin tumbuh motivasinya untuk menabung. Dengan menabung kamu sudah belajar untuk lebih bijak mengatur keuangan yang kamu miliki. Menghindari membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyisihkan uang kamu untuk ditabung agar kebutuhan dana saat hari tua nanti bisa tercukupi.

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pentingnya menabung sangat berguna untuk masa pensiun Anda. Jadi sebaiknya mulai dari sekarang Anda mencari tahu berapa jumlah uang yang diperlukan ketika saatnya memasuki masa pensiun. Memang besarnya nominal uang pensiun berbeda-beda untuk setiap orang, tapi Anda bisa mencari tahu apa saja kebutuhan-kebutuhan yang sekiranya diperlukan saat memasuki masa pensiun. Saat tidak memahami berapa jumlah uang yang diperlukan saat memasuki masa pensiun, maka biasanya Anda cenderung santai dan tidak berusaha menyisihkan uang untuk disimpan. Padahal di usia yang muda seharusnya Anda memanfaatkan waktu untuk berinvestasi lebih agresif agar bisa mendapatkam imbal hasil yang optimal di masa depan. Anda bisa menetapkan jumlah nominal untuk ditabung setiap harinya.

“Ketiga, mulai belajar mengatur keuangan pribadi. Agar bisa menyisihkan penghasilan untuk ditabung, maka kita harus punya perencanaan keuangan,” lanjutnya. Tak sedikit orang yang menyepelekan ideas menabung karena dianggap kurang efektif. Padahal, jika kamu dapat menerapkannya dengan tepat, tentu saja kamu bisa memiliki tabungan segunung yang bisa kamu gunakan untuk masa depan. Jika kamu memiliki tabungan, kamu memiliki dana yang bisa kamu gunakan apabila ada keadaan darurat yang mengharuskan kamu memiliki dana lebih. Tabungan ini juga akan menjadi ‘penyelamat’ untuk kamu dikala ada kebutuhan yang mendesak atau darurat di masa depan. Walaupun tidak mudah untuk menumbuhkan kebiasaan menabung pada Si Kecil, tetapi kebiasaan menabung jelas mempunyai manfaat yang sangat berdampak untuk masa depannya.