Komunikasi Adalah Kunci Sukses Bisnis Anda, Ini Buktinya!

Aktivitas berwirasaha bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat dunia, khususnya masyarakat Indonesia. Berwirausaha atau berdagang yang mempunyai definisi berjualan atau menjajakan barang dagangan ke khalayak publik untuk mendapatkan keuntungan sudah menjadi salah satu mata pencaharian orang banyak. Pekerjaan apapun akan terasa lebih ringan dan menyenangkan ketika Anda mencintai pekerjaan tersebut. Ketika Anda sudah mencintai bisnis yang sedang dijalankan, maka Anda akan merasa terdorong untuk melakukan yang terbaik untuk bisnis tersebut. Memiliki kecintaan terhadap pekerjaan juga akan membuat Anda lebih mudah bangkit dari kegagalan. Sebagai seorang entrepreneur, Anda dituntut berani mengambil resiko dan berpikir out of the field.

Jika cita-cita kebanyakan orang jaman dulu menjadi pegawai negeri, jaman now orang berlomba-lomba untuk menjadi pengusaha di usia muda. Sayang untuk mencapai impian ini jalannya sama sekali nggak gampang. Jika kamu adalah salah satu pemilik impian ini, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya. Memasak resep baru memang tidak akan sekali jadi, apalagi jika tak memiliki fundamental atau talent memasak sama sekali.

Terutama jika wirausahawannya adalah anda yang masih muda dan masih memiliki kesempatan yang sangat panjang. Anda akan menjadi seseorang yang didewakan alias diidam-idamkan karena berhasil membuka lapangan kerja. Banyak orang yang hanya bisa mencari kerja untuk dirinya sendiri, itupun harus bersusah payah. selain mendirikan dan membuat pekerjaan untuk anda sendiri, anda juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Yang mana seperti anda ketahui, semakin besar perusahaan atau usaha yang anda dirikan maka akan semakin banyak karyawan dan semakin besar membuka lapangan pekerjaan. Apalagi jika anda berwirausaha di desa atau daerah yang belum ramai bisnis dan lapangan pekerjaan, Usaha bisa menjadi alternatif sendiri untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat sekitar.

Banyak pengusaha yang sekian lama dicibir, bahkan oleh teman dan keluarganya sendiri, hanya karena ide mereka tidak bisa dipahami orang kebanyakan. Eunike Oktavia Tejosusilo., S.E., M.Ak., Ak., CA adalah seorang ibu rumah tangga, dosen, dan akuntan independen. Memiliki background pendidikan S1 dan S2 di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha.

Sebagai calon pengusaha muda, kamu harus menjadi orang yang proaktif dengan mencoba merealisasikan ide yang ada. Saat peluang kecil kamu harus mencari dan membuat peluang yang baru. Berpikir proaktif akan memberi kamu kendali penuh pada aksi untuk mencapai kesuksesan. Hal pertama yang membuat bisnis kuliner menjadi peluang usaha yang sangat mudah adalah karena modal yang sedikit. Anda tidak perlu menyediakan modal sampai ratusan juta untuk membuka usaha kuliner, bahkan dengan modal di bawah 500 ribu saja anda sudah bisa membuka usaha sendiri di rumah.

Anda harus memiliki kenyakinan yang kuat dalam ide Anda, kemampuan Anda dan diri Anda sendiri. Anda harus percaya di luar bayangan keraguan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengenali dan keraguan ini. Berbeda dengan pebisnis yang memiliki pola pikir berbeda, seorang pebisnis akan mempunyai visi dan misi untuk mengembangkan bisnisnya dalam jangka waktu dekat dan jangka panjang. Tidak hanya keluarga, tetapi juga perkembangan industri atau bisnis yang digelutinya. Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis tentu saja bukan merupakan hal yang mudah dan instan.

Sesungguhnya untuk mencapai kesuksesan tersebut membutuhkan sebuah strategi dan keseriusan. Bersikap konsisten juga mengajarkan Anda untuk bisa menyelesaikan masalah yang muncul tanpa menunggu bantuan dari orang lain. Bersikap konsisten akan membuat apa yang Anda lakukan akan sesuai dengan target dan strategi yang sudah dirancang. Menjalani sesuatu sesuai dengan ardour akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun.

Kenapa Bisnis bisa berhasil

Di usia muda, mungkin Anda belum terlalu memiliki kesibukan dengan tingkat yang tinggi, sehingga saat mengerjakan sesuatu akan lebih mudah focus, termasuk untuk mengelola bisnis. Alasan berbisnis di usia muda ini menjadikan banyak anak muda Indonesia saat ini, berhasil sukses dalam bisnisnya karena fokus dengan maksimal. Terahir keuntungan terbesar yang dimiliki pengusaha adalah bisnisnya bisa di wariskan. Dengan mendirikan perusahaan, kita dapat mensejahterahkan anak dan cucu kita di masa yang akan datang. Selain itu, tidak hanya bidang usahanya yang bisa di wariskan, akan tetapi yang paling penting adalah ilmu dalam menjalankan usaha dapat juga kita turunkan hingga ke banyak generasi selanjutnya. Semakin Anda dapat mengembangkan kenyakinan atas kemampuan Anda untuk mencapai tujuan Anda, semakin cepat Anda dapat mencapainya.

Dulu, mungkin masih banyak orang awam terhadap teknologi, apalagi untuk memesan alat transportasi. Dari kondisi tersebut, bisa saja Gojek bangkrut dengan waktu yang sangat cepat. Namun, aksi pemecatan tersebut harus didukung dengan alasan-alasan yang kuat. Menjadi sukses berarti menyingkirkan hal-hal yang mengganggu jalan Anda. Jika dalam satu kondisi Anda harus memecat karyawan, jangan ragu-ragu melakukannya.