5 Cara Menabung Yang Asik Dan Efektif Untuk Millennial, Cobain Yuk!

Penggunaan kartu kredit memang terbilang dapat membantu keuangan bulananmu, tetapi memang penggunaan kartu kredit ini harus lebih bijak. Karena dengan menggunakan kartu kredit biasanya penawaran dan potongan harga jauh lebih besar dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai. Ini yang tanpa kita sadari penggunaan kartu kredit menjadi bengkak dan menyebabkan keuangan terganggu. Seringkali saat orang sudah memiliki niat untuk menabung, namun dana sudah keburu habis. Hal ini bisa jadi karena pengeluaran melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan kamu menabung dulu baru belanja.

Bahkan bila memungkinkan, kamu juga bisa loh sedari awal mematok berapa persen dana yang akan disisihkan untuk tabungan. Hanya saja, jangan sampai karena ngebet ingin menabung kamu jadi sengaja mengorbankan kebutuhan dasar. Dari sini, kamu dapat mengevaluasi ke mana saja perolehan uang yang dibelanjakan. Sehingga kamu pun dapat lebih bijak lagi dalam memilah mana yang memang menjadi kebutuhan dasar dan pengeluaran rutin, maupun mana yang harus menjadi kebutuhan sekunder hingga tersier. Cobalah untuk menyeting autodebet di awal bulan, atau di sehari setelah gaji turun. Tentukan juga besaran yang menurut Anda masih masuk akal, paling tidak 10 persen dari pendapatan.

Anda tidak bisa menyisihkan sebagian penghasilan begitu saja tanpa mengetahui berapa total penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya. Untuk itulah, Anda harus mengetahui keduanya sebelum mulai mengambil langkah pertama. Terakhir, tentu lebih menguntungkan karena harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Jika rata-rata kenaikan dalam setahun mencapai sekitar 18%, bayangkan berapa keuntungan yang detikers dapatkan dalam 5 tahun ke depan. Namun semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda dalam mewujudkan keinginan membeli rumah.

Cara menabung

Seperti namanya, Anda hanya perlu menyediakan sebuah celengan dan mengisinya dengan lembar demi lembar uang dengan nominal Rp20.000. Jika tujuan Anda adalah untuk menghemat uang, liburan adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Menemukan kesenangan di dekat rumah akan menghemat ratusan atau bahkan jutaan rupiah. Yang terbesar adalah dengan mengucapkan selamat tinggal pada utang. Pembayaran utang bulanan adalah penguras terbesar yang dapat menahan orang untuk menabung, karena hutang merampas pendapatan Anda.

Jika Anda salah menentukan nominal untuk menabung tentu saja bisa menjadi suatu penghambat diri kita untuk menabung. Dengan menabung di awal saat gajian tentu saja bisa lebih efektif dibandingkan harus menunda nanti-nanti. Sebaiknya Anda harus bisa memisahkan mana yang digunakan untuk menabung dan mana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini untuk menghindari uang untuk menabung malah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Anda harus bisa menentukan nominal yang tepat untuk menabung saat awal gajian.