5 Alasan Utama Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Semakin lama usia hidup, itu artinya semakin banyak biaya yang harus dihabiskan untuk biaya sehari-hari. Mungkin alasan tersebut terlihat masuk akal, namun Anda mungkin akan terkejut melihat fakta saat tidak mempersiapkan tabungan dan investasi mulai saat ini. Banyak orang berpikir bahwa menabung bukanlah prioritas karena penghasilan yang masih sangat rendah saat ini.

Jika memiliki tabungan, Anda pun tidak perlu menjual ataupun menggadaikan kepemilikan barang hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga. Anda bisa menggunakan uang tabungan untuk menambal biaya kebutuhan tersebut. Aset Anda pun akan lebih aman dan likuiditas keangan lebih terjaga.

Itulah hasil studi sebuah perusahaan asuransi seperti dikutipTirto,Februari 2017. Bila Anda saat ini termasuk generasi Z berusia kepala dua, Anda masih memiliki waktu setidaknya 30 tahun untuk mencapai masa pensiun. Hasil studi The Urban Institute pada 2018 mengungkapkan, baru 37% dari generasi milenial di Amerika Serikat berusia tahun yang memiliki rumah. Bandingkan dengan baby boomers yang mencapai 45% di rentang usia sama.

Kebanyakan orang tahu sedikit tentang manajemen uang dan investasi. Pendapatan adalah suatu determinasi konsumsi yang penting sementara tingkat bunga tidak begitu diperhatikan. Berdasarkan teori yang dikemukakan keynes, diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat konsumsi seseorang dipengaruhi oleh besarnya tingkat pendapatan. Selera dan Gaya – Sebagian orang memiliki selera dan gaya yang lebih baik, baik dalam hal berbusana maupun hal lainnya. Hal ini membuat tingkat konsumsi mereka menjadi lebih tinggi ketimbang mereka yang kurang memperhatikan gaya.

Para milenial juga harus memiliki pemahaman yang baik dalam pengelolaan keuangan, termasuk untuk produk berbasis invetsasi. Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk , Handayani mengungkapkan penting bagi kaum milenial untuk memiliki horison yang panjang untuk mempersiapkan kondisi keuangan yang lebih stabil. Penghasilan yang dimiliki menurutnya harus dilengkapi dengan perencanaan keuangan yang baik. Berdasarkan ayat tersebut, dijelaskan tentang pentingnya menunaikan ibadah haji bila mampu.

“Para pelajar harus gemar menabung, silahkan menggali sebanyak mungkin pengetahuan tentang perbankan. Setidaknya satu pelajar harus memilih satu tabungan,” tukas Sofyan Edi Jarwoko, Ahad (17/11) kemarin. Maka para pelajar dan masyarakat harus bisa memanfaatkan occasion Tropicolour Walk 2019 ini sebaik-baiknya.

Pentingnya menabung

Bank Commonwealth melakukan riset terhadap target penggunanya untuk mendapatkan masukan mengenai perilaku keuangan anak muda di Indonesia. Kira-kira seperti itulah suggestions ringan agar Anda bisa mulai menabung. Kendati tak mudah, namun jika Anda berkomitmen untuk menabung maka tak ada kata tidak mungkin. Pinjaman on-line menjadi godaan berikutnya setelah kartu kredit yang mungkin bisa membuat Anda gagal menabung. Pinjaman on-line yang begitu mudah diakses saat ini, bisa menjadi pintu masuk utang bagi Anda.

Menurutnya, mempersiapkan setiap elemen dalam ide usaha baru mutlak dilakukan. Melalui kunjungan ini, mahasiswa juga dapat langsung melihat proses yang dihadapi saat mencoba untuk merintis sebuah usaha melalui aktivitas sharing success story. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat memliki wawasan baru dan semangat untuk terus mengembangkan ide bisnis yang dimiliki tanpa harus banyak pertimbangan tentang mengenai permasalahan sumber modal. Di samping sebagai salah satu penopang operasional pondok, unit usaha pondok juga dapat menstimulus perekonomian masyarakat setempat.