4 Cara Menghemat Uang Di Era Pandemi Halaman All

Kemudian langsung pisahkan dengan uang yang akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari selama sebulan. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah untuk menabung karena kamu telah merencanakan jumlah nominal yang akan kamu sisihkan dari total penghasilan. Usahakanlah untuk membayar tunai atau secara langsung jika masih bisa. Kamu bisa mulai berhemat dengan membawa bekal sendiri dari rumah.

Jika bukumu dalam kondisi baik, kamu bisa menjualnya ke adik kelas saat sudah tidak terpakai. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mencari cara untuk menambah pemasukan dengan mencari lowongan kerja magang atau freelance. Saat ini sudah banyak lho lowongan kerja freelance di berbagai daerah yang bisa menjadi sumber tambahan uang bulananmu.

Nah kamu engga perlu menahan godaan belanja online supaya bisa menghemat uang. Kamu tinggal Cakapin Temanmu dan dapetin voucher belanja senilai 250 ribu tiap ajak teman gabung Cakap. Ada banyak cara untuk menghemat uang jika Anda mau melakukannya. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan adalah kunci untuk mengatur gaji yang kecil. Gunakan beberapa cara diatas untuk meraih kondisi finansial yang sehat. Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan.

Lakukan kegiatan belanja bulanan sekaligus sekali dalam satu bulan. Setiap kali Anda akan membeli sesuatu, berhentilah selama sekitar 30 detik untuk bertanya-tanya mengapa Anda membeli barang dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jika Anda tidak menemukan jawaban yang meyakinkan, kembalikan item ini. Aturan ini membantu kita untuk tidak menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak perlu. Sekarang ini, banyak platform uang digital menawarkan fitur PayLater yang semakin memudahkan orang untuk berbelanja.

Bisa jadi, Sobat yang belum lama ini lulus sekolah belum terbiasa punya banyak uang yang bisa digunakan sendiri, sehingga Sobat jadi sering jajan ini-itu. Atau, mungkin Sobat malah selama ini mengeluh soal gaji yang terasa kurang. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol pengeluaran dan menghemat belanja bulanan. Sebagai mahasiswa kita harus berperilaku hemat dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan.

Perubahan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, ada kalanya kita akan gagal dan kembali jatuh pada permasalahan yang sama. Jangan berkecil hati, segera bangkit dan kembali jalankan anggaran sesuai dengan kebijakan yang telah kita tetapkan sejak awal. Ini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama, namun jika kita berkomitmen dalam melakukannya, maka pemborosan pasti bisa dihindarkan.

Mulai dari kehilangan pekerjaan, pemotongan gaji, bahkan bisnis yang Anda jalani pun ikut terimbas. Alhasil, mau tak mau keuangan Anda juga ikut merosot karena tidak adanya pemasukan. Saat pandemi sekarang, cara ini ternyata bisa bekerja untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Usahakan untuk mengecek beberapa tempat terlebih dahulu untuk mencari barang termurah dengan kualitas standar. Memiliki tabungan jauh lebih penting dibanding menghabiskan uang jajan hanya karena tidak ingin kalah saing dengan temanmu. Lihat teman-teman membeli barang baru yang sedang tren, kamu langsung menginginkannya dan rela mengorbankan uang jajanmu yang pas-pasan untuk membeli barang itu juga. Malah kamu jadi capek sendiri ketika harus bersaing karena tidak mau kalah dengan teman-teman yang lainnya. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan terhindar dari pengeluaran yang lebih besar jika Anda atau orang tercinta jatuh sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar. Asuransi kesehatan juga akan membuat Anda tenang dan nyaman melalui hari-hari di masa pandemi.

Tips menghemat uang

Menggunakan kupon mungkin terlihat sederhana, tetapi kupon adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang secara konsisten. Kamu dapat mencari kupon secaraonlineuntuk meningkatkan tabungan. Orang-orang yang melakukan hal ini menghemat banyak uang untuk bahan makanan mereka atau kebutuhan bulanan lainnya.